"KESEMBUHAN ANDA ADALAH KEBAHAGIAAN KAMI"
Sejarah RS. Siaga Raya
Sejarah RS. Siaga Raya

Sejarah:

Rumah Sakit Siaga Raya merupakan salah satu unit usaha PT. Siaga Bhakti Wirasta yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan dan tidak semata-mata mencari keuntungan melainkan menitik beratkan kepada kemanusiaan. PT. Siaga Bhakti Wirasta didirikan pada tanggal 29 Maret 1988 oleh lima orang yang menaruh minat dan bergerak di bidang kesehatan. Pada awal didirikan Rumah Sakit Siaga Raya merupakan Rumah Sakit Khusus Orthopaedi dan Bedah Umum.

Anggaran dasar PT. Siaga Bhakti Wirasta dibuat Akta Notaris Warda Sungkar Alurmei, SH, Nomor 214, pada tanggal 29 Maret 1988, dengan demikian PT. Siaga Bhakti Wirasta yang salah satu kegiatannya yaitu mengelola Rumah Sakit menjadi badan hukum yang sah dan diakui Pemerintah Indonesia. Atas dasar keinginan untuk mengembangkan Rumah Sakit ini, maka pada tahun 1997 dilakukan peningkatan fasilitas pelayanan, yang disertai dengan penambahan poliklinik, penambahan ruang rawat, serta penambahan bagian, sehingga Rumah Sakit ini menjadi Rumah Sakit Umum.

Rumah Sakit Siaga Raya sebagai Rumah Sakit Umum yang mengutamakan pada pelayanan Orthopaedi dan Traumatologi (Bedah Tulang), karena dilatar belakangi oleh faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Belum adanya Rumah Sakit Orthopaedi yang dikelola swasta dan berlokasi di Jakarta;
  2. Semakin banyaknya kecelakaan yang terjadi dan semakin pesatnya industri yang menyebabkan meningkatnya tingkat kecelakaan;
  3. Salah satu pencetus berdirinya Rumah Sakit Siaga Raya ini adalah        Dr. Chehab Rukni Hilmy, Sp.OT, FICS, seorang ahli Orthopaedi, yang menginginkan ilmu bedah orthopaedi lebih berkembang di Indonesia;
  4. Terletak di kawasan perumahan penduduk yang belum memiliki Rumah Sakit Orthopaedi.

Pada tanggal 18 Agustus 1990 telah dilakukan “  Soft Opening “ yang ditandai pembukaan praktek pertama Prof. Dr. Chehab Rukni Hilmy, Sp.OT,FICS. Pada Tanggal 3 November 1990 peresmiannya dilakukan oleh  Dr. Broto Warsito, selaku Dirjen Pelayanan Medis Departemen Kesehatan.

Mengingat pada cita-cita awal pendirian Rumah Sakit Siaga Raya dan dalam rangka ibadah melalui pengabdian tulus dibidang profesi kedokteran, khususnya dibidang Orthopaedi, kami berusaha menuangkan gagasan pokok sebagai landasan dari upaya pelaksanaan operasional strategis bagi pengelola dan kelompok staf medik pendukungnya.

Kami perlu menegaskan kembali cita-cita pendirian Rumah Sakit Siaga Raya agar menjadi pusat rujukan pelayanan Orthopaedi diseluruh Indonesia dan peningkatan Ilmu Pengetahuan Orthopaedi, yang dalam pengelolaannya tidak lepas dari sifat profesionalisme, dengan prinsip-prinsip arahan berupa kebersamaan kesejawatan, humanitas, integritas, inovatif, yang semuanya ini untuk kepentingan utama pelanggan sehingga cita-cita kita akan tercapai.

Jam Berkunjung pasien Rs Siaga Raya setiap hari, Pagi 10.00 - 12.00 WIB & Sore 16.30 - 18.30 WIB ● Anak dibawah umur 12 tahun, tidak diperkenankan memasuki ruang perawatan.